Jumat, 16 November 2012

ENERGI, Berjuta Makna Untuk Masa Kini dan Nanti Yang Lebih Baik!

ENERGI, Berjuta Makna Untuk Masa Kini dan Nanti Yang Lebih Baik!

Alam Indonesia. Tanah air yang memiliki amat banyak potensi Sumber Daya Energi dan Mineral.


Dalamnya samudera, tidak menghilangkan semangat para pencari cairan hitam pekat dan gas alam itu untuk bisa mengeksplornya. Mungkin kegagalan pertama, kedua, dan kesekian tidak akan pernah menghentikan langkah mereka demi mendapatkan tetes demi tetes senyawa hidrokarbon dengan rantai karbon yang begitu rumit itu.

Luasnya hamparan bebatuan terjal dan hitam, tidak menurunkan motivasi para penambang untuk sedikit menggali bebatuan antrasit, bituminous ataupun subbituminous walaupun panas dan fatamorgana selalu mengiringi tetes keringat mereka. Dan Alat berat yang begitu besarlah yang menjadi teman setia para penambang itu di lumbung batu istimewa.

Untuk apa itu semua?.

Ya, semuanya semata-mata untuk memenuhi kebutuhan umat manusia.

Secara alamiah, memerlukan berjuta tahun dan membutuhkan proses yang panjang untuk bisa terbentuknya cairan hitam pekat, gas alam, dan batu hitam istimewa itu. Sungguh sangat lama! Namun ternyata hanya sekejap saja untuk bisa menghabiskannya. Mungkin hari ini sumber energi fosil itu masih cukup untuk beberapa waktu kedepan. Tapi, apa yang harus dilakukan ketika semuanya mulai hilang dan habis ditelan masa? Bagaimana dengan dengan anak cucu kita nanti?

Energi, sesuatu yang tak habis kata terungkap untuk kemudian dirangkai menjadi berparagraf-paragraf panjangnya agar bisa ditemukan solusi dan bukan sekedar bualan yang dipermasalahkan. Salah satu kata yang bermakna penting bagi roda kehidupan manusia. Jika sumber energi fosil yang terbentuk lamanya itu kemudian hampir habis bahkan seketika musnah, apakah kita hanya menunggu berjuta tahun untuk mendapatkannya lagi?.

Tidak!!!

Lihatlah, dengarlah dan rasakanlah!

Alam Indonesia. Disini sang surya dengan riangnya bersinar tanpa peluh dan lelah. Dialah Sang matahari yang bisa menjadikan energi yang diberikannya menjadi energi listrik (Solar Cell, PLTS).

Anginpun tak kalah, dia juga ingin bermanfaat untuk manusia, dia dengan mudah memutarkan kincir ataupun turbin angin hanya untuk sekedar menjadikannya sumber energi listrik. (Kincir dan Turbin Angin, PLTBayu).

Di lautan luas sana, dengan hembusan angin yang cukup untuk membentuk gelombang, bisa menjadikannya listrik!. (Pemanfaatan arus gelombang laut).

Sungai dan air terjun yang mengalir dengan semangat memutarkan turbin yang menggerakkan generator untuk menghasilkan listrik. (Turbin/Kincir Air, PLTAir, Mikrohidro).

Batuan panas didalam perut bumi, tak malu untuk mengeluarkan panasnya menjadikan sebuah potensi energi yang ramah lingkungan (Geothermal, PLTPanas Bumi)

Kotoran hewan ternak seperti sapi, yang dikira itu limbah tak berharga, dapat dijadikan sumber energi untuk menghidupkan kompor dan juga menyalakan lampu. (Biogas)

Algae, Si hijau kecil yang biasa tumbuh diperairan ini juga bisa dijadikan minyak yang bermanfaat. (Biodiesel Algae)

Alam Indonesia. Panas matahari, hembusan angin, arus gelombang laut, aliran sungai dan air terjun, Geothermal, Biogas, Biodiesel, Bioetanol dan masih banyak lagi sumber energi yang saat ini masih menjadi energi alternatif. Namun, seiring waktu berjalan semua itu tak sekedar menjadi energi alternatif dan cadangan saja tapi akan menjadi energi prioritas yang diutamakan untuk menggantikan sumber energi fosil.

Sumber Daya Alam? Tentu ada, karena Tanah Air ini memiliki potensi alam dan energi yang amat luar biasa.

Sumber Daya Manusia? Banyak, tinggal bagaimana manusia ini bisa dididik dan ditumbuhkan menjadi pribadi yang jujur, bijak dan tidak merusak. Memahami keadaan alam ini, dan mengerti bahwa hidup itu bukan milik manusia detik ini saja tapi dimasa depan akan ada anak cucu kita yang juga menjadi bagian dari manusia saat ini.

Teknologi? Otak manusia yang canggih, berfikir dan berinovasi untuk menemukan teknologi yang semakin baik dan baik lagi. Pasti ada jalan untuk mendapatkan yang terbaik itu, hanya perlu usaha dan terus memberikan kesempatan kepada manusia Indonesia agar dapat dikembangkan dengan ilmu dan teknologi yang semakin tinggi.

Manusia... semua itu tak akan menjadi solusi ketika hanya bicara tanpa upaya. Percayalah, berusaha dengan penuh keyakinan bahwa semua itu nyata. Menjadi lebih bijak ketika apa yang didapat adalah amanah dan titipan. Janganlah merasa diri Aku tapi jadikanlah Kita bersama. Energi untuk kita semua.

Dengan Penuh bangga dan syukur, karena Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki potensi alam dan energi yang sungguh luar biasa, Anugerah dan Maha Karya dari Sang Pencipta.

 
Salam hangat dari penulis, sedikit goresan tulisan sederhana yang mudah-mudahan bisa bermanfaat untukku, untukmu, dan untuk kita semua. Maafkan ketika salah dan tak tentu arah terdapat dalam tulisan ini, karena manusia tak luput dari khilaf. Terima Kasih ^_^
(Mi, Grt-151112)


tema: Energi alternatif sebagai pengganti energi fosil ketika minyak dan gas habis.

Silakan baca, dan berikan Komentarnya yaa.. terima kasih :)

Comments
67 Comments

67 komentar:

  1. Sebenarnya cadangan minyak bumi itu masih sangat banyak, yang habis saat ini adalah teknologi manusia sehingga tak sampai menjangkaunya. Saat ini pengeboran paling dalam yang dapat dilakukan tak lebih dari 10 km, dengan ketebalan lapisan kulit yang hingga 50 km. Seismik aktif baru sampai paling dalam tak lebih dari 5 km.

    BalasHapus
  2. @Muh Nahdhi Ahsan
    terima kasih telah berkenan untuk membaca.. :)
    iya jika dilihat dari cadangan minyak bumi memang masih banyak. namun semakin tahun cadangan minyak bumi kian menurun karena eksplorasinya. apalagi minyak bumi merupakan sumber energi yg tak terbarukan sehingga dengan mudahnya habis namun butuh berjuta thn utk terbentuk kmbali.
    keterbatasan teknologi memang mnjdi slah satu faktor sehingga sulit mnjangkaunya. apalgi trnyata pngeboran pling dlm dlkukan tak lbh dari 10 km. #(pngetahuan baru juga, makasih ya) :)
    ada salah satu pndapat jga dari rekan, "jika ada yg lebih baik dan ramah lngkungan, lbh baik yg fosil itu kita simpan saja dulu, dan mulailah utk memanfaatkan potensi energi baru terbarukan.."
    oia, artikelmu juga sangat menginspirasi, memang potensi geothermal indonesia sangat besar apalagi ramah lingkungan, Alhamdulilah itu merupakan anugerah yg patut disyukuri dan harus kita manfaatkan sebaik-baiknya, mudah2n teknologi semakin canggih dan geothermal semakin dikembangkan.. :)

    jazakumulloh khoiron katsiro telah mampir d blog ini ^^

    BalasHapus
  3. energi dari panas bumi juga belum di manfaatkan sepenuhnya oleh pemerintah
    Energi alternatif pun banyak bermunculan.
    semoga Indonesia bisa lebih bijak
    nice share buat postingannya :)

    BalasHapus
  4. @not just only dreamer
    iya betul, masih banyak potensi energi yg belum banyak dimanfaatkan..
    mudah-mudahan Indonesia bisa lebih bijak, aamiin..
    terimakasih kawan berkenan utk membaca, mudah2n bermanfaat ya..
    jzkllh :)

    BalasHapus
  5. .
    pengetahuan baru,
    ternyata memang banyak potensi energi yang sekarang masih dibilang alternatif untuk dapat dimanfaatkan, hanya saja bagaimana kita bisa memulainya dari sekarang, memulai dari memikirkannya.
    nuhun teh info'a.
    semangat. . ;)

    BalasHapus
  6. Tulisan yg bagus Mi.. ^^
    bahkan, skrg kentut az bs diolah jadi energi loh..
    ayo, dimulai dr yg expert di bidangnya untuk mengelola bumi Indonesia, bumi surga duniawi Sang Maha Pencipta :)

    BalasHapus
  7. @A. Budianto
    Alhamdulillah.. mudah-mudahan manfaat yaa gung.. semangat!! :)

    @vyaopi
    alhamdulillah pyaa.. masih belajar :)
    hehe,, insyaAlloh, kita saling berbagi untuk bisa menjadi generasi yg cerdas dan bermanfaat..

    BalasHapus
  8. Mantap !!!
    Save our energy for next generation.

    BalasHapus
  9. @erik rekayana.. siiip :D
    @Erna Kartika.. alhamdulillah.. mudah-mudahan manfaat nyaa.. nuhun parantos baca ^^

    BalasHapus
  10. Nice share atas artikelnya...
    Tugas kita sekarang adalah mencari energi alternatif yang effisiensinya menyamai minyak bumi

    BalasHapus
  11. bagus mi :D
    energi untuk kita bersama ,untuk kita semua. .

    BalasHapus
  12. @Ikiss, alhamdulillah, betul sekali, memanfaatkan potensi energi alternatif sebaik-baiknya.. arigatou Ris! :D
    @Lestari Nurwaridah
    alhamdulillah, hatur nuhun tari parantos baca, mugia manfaat nyaa :D

    BalasHapus
  13. siip..insya Allah manusia nggak akan kehabisan akal untuk mencari energi baru. di dalam tanah masih banyak sumber energi selain migas dan batubara. masih ada gas hidrat, shale gas, panasbumi, dll yang insya Allah bisa mencukupi kebutuhan manusia. tergantung bagaimana kita terus berusaha buat mencari dan berinovasi.. :) nice share, keep writing, ukhti..

    BalasHapus
  14. @yoanramadhan
    alhamdulillah,
    ilmu baru juga ada gas hidrat sama shale gas..
    jzkllh atas kunjungan dan ilmunya.. :)

    BalasHapus
  15. Memang pencarian untuk energi ini sangatlah mahal biayanya. Dari sedikit yang saya tau, untuk sekarang ini sedang berkembang teknologi pengeboran di laut yang dalam yaitu bisa sampai 12000 ft. Ini baru kedalaman lautnya saja. Sewa unit pengeborannya saja perhari rata2 sekarang sekitar 500.000 USD/hari.
    Perusahaan2 perminyakan besar di dunia pun tetap melakukan eksplorasi untuk energi2 alternatif, jadi mereka tidak melulu memburu yang fosil.
    Nice blog. Semakin sering anda menulis maka ketajaman tulisan anda akan semakin terasah.

    BalasHapus
  16. @Adi A.
    makasih bang adi atas kunjungan dan komentarnya d blog saya
    alhamdulillah mndapatkn ilmu baru mgenai pngeboran itu, lagi2 terhambat biaya ya, mudah2n teknologi dan inovasi semakin berkembang dan energi alternatif bukan sekedar mnjadi alternatif saja tapi dapat mnjadi energi prioritas agar tidak terlalu tergantung pada energi fosil
    masih belajar menulis dan mencoba menuliskn ilmu yg telah didapat, sangat tertarik dg dunia keenergian, mudah2n brmnfaat.. aamiin :)

    BalasHapus
  17. Halo, salam kenal :)
    Saya mau komentar, akan tetapi Saya bukan dari bidang teknik, saya dari bidang bahasa, maka saya akan mengomentari dari segi bahasa saja ya :D

    Secara keseluruhan tulisannya bagus. Menggunakan gaya narasi agar mudah dimengerti oleh masyarakat awam seperti saya. Tapi ada kalimat yang tidak dapat dimengerti karena terlalu berbelit-belit dan sebenarnya tidak memiliki subjek atau predikat sehingga tidak dapat menjadi kalimat yang utuh. Contoh "Energi, sesuatu yang tak habis kata terungkap untuk kemudian dirangkai menjadi berparagraf-paragraf panjangnya agar ditemukan solusi dan bukan sekedar bualan yang dipermasalahkan." saya, sebagai pembaca, tidak mengerti maksud kalimat anda di atas. Apakah energi adalah sebuah kata yang tak habis-habisnya diuraikan, dan oleh sebab itu menjadi masalah. Ataukah energi sebagai sesuatu yang menimbulkan polemik, yang tak akan habis diuraikan oleh kata-kata untuk mencari solusinya?
    Apakah mungkin kalau awalnya seperti ini "energi, sesuatu yang tak akan habis diungkap oleh kata..."? Tapi saya tidak dapat melanjutkan kalimat tersebut karena saya tidak tahu apa Yang sebenarnya Anda maksud. Kalau kita bertemu, kita dapat bersama-sama mencari kalimat yang tepat untuk mengungkapkan gagasan Anda :)
    O iya, gaya bahasa yang Anda gunakan terlalu puitis untuk tulisan seperti ini. Mungkin akan lebih baik jika mengurangi 'bunga-bunga' kata.

    Maaf saya berkomentar terlalu banyak dan sok tahu. Tapi saya berterima kasih Anda telah membagi saya Ilmu baru :D

    BalasHapus
  18. Halo, salam kenal juga yaa.. :D
    ilmu yang sangat bermanfaat, sama-sama masih belajar, terima kasih ya kawan.. insyaAloh mnjadi bahan koreksi untuk kedepannya..
    Alhamdulillah, senang bisa sharing ilmu..
    mudah-mudahan kita bisa bertemu :)

    BalasHapus
  19. Menarik,mi :)
    Suka tulisannya..bahasanya ringan tapi jadi renungan juga buat kita klo sebenernya Indonesia punya semua potensi alam yg bisa dimanfaatin buat ngehasilin energi untuk kita semua..
    cuma sayangnya sisi keserakahan manusia yang bikin kita jadi belum bisa ngemanfaatin itu semua :(
    Semoga nanti generasi selanjutnya bisa ngehasilin energi dgn baik tanpa ada keserakahan pihak2 tertentu ya..
    amiin :)

    BalasHapus
  20. teh @Sarah Aina Ahadian..
    Alhamdulillah.. iya teh betul, mudah2n kita lebih bijak dalam memanfaatkan potensi energi ini..
    jazakillah ttehku parantos baca, mudah2n mnfaat ya teh ^_^

    Kg@Rizky, jazkllh kang :)

    BalasHapus
  21. semangat teh salmi, janten hoyong ngringan lomba.. hehe

    BalasHapus
  22. @cttnkuliah117
    ayoo de, ngiringan oge atuh.. semangaaat...! :)

    BalasHapus
  23. Pemanfaatan energi alternatif harusnya sudah dilakukan sejak dini untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi dari bahan bakar fosil.. Dengan kecerdasan manusia,, hal tersebut sangat mungkin dilakukan.. :)

    Terimakasih atas kunjungannya ke blog saya ukhti.. :)
    http://bit.ly/Energi3

    BalasHapus
  24. @Dryad
    iya betul, kita tidak boleh terus bergantung pda energi fosil, semoga energi alternatif semakin dikembangkan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya ya..
    terimakasih sobat berkenan untuk mengunjungi blog saya..
    siiip, keep writing ya..!! :)

    BalasHapus
  25. artikel yg luar biasa :D menyadarkan kita bahwa indonesia memiliki SDA yg berlimpah ruah dan bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif :D

    BalasHapus
  26. Salam kenal
    kalau tulisan saya tentang pemanfaatan sampah menjadi energi listrik di Indonesia

    http://andihendra.wordpress.com/2012/11/26/mari-memanen-energi-sampah-indonesia/

    BalasHapus
  27. @fandita
    alhamdulillah..
    iya sobat, semoga kita sebagai generasi penerus bangsa dapat terus mengembangkan dan memanfaatkan potensi energi yg melimpah ruah dg sebaik-baiknya ..
    jangan sampai anak cucu kita menderita karena kesalahan kita saat ini..

    i hope a letter from 2410 give us good news :)
    and they still find many trees in there..

    suka deh sama tulisannya, berasa melompat jauh ke masa depan. keep writing sobat!
    makasih yaa sudah berkunjung :)

    BalasHapus
  28. @andihendra
    salam kenal juga..
    siiap, mkasih sudah berkunjung yaa.. :)

    BalasHapus
  29. oke the great blog ...

    but not talk more on the blog ...
    do it and do it ..

    we are energy the best always pioneer ..
    talk less do more brother n sista, ...
    just it
    thanks.

    BalasHapus
  30. @Rio 28
    siiip, thanks Rio..
    aamiin, insyaAlloh, we can do it!!
    berusaha untuk bisa menjadi bagian dari solusi, tak sekedar kata tapi upaya.. bismillah :)
    nuhun rio..

    BalasHapus
  31. Sebuah narasi yang indah yang menggambarkan kondisi kita saat ini
    sebuah visi manusia bersama yang bertajug "save our earth" tapi apakah kita pernah berpikir untuk membuat PLTS (pltu surya), PLT Angin itu juga membutuhkan energi fossil susah untuk lepas dari energi fossil.namun setidaknya kita bisa mengurangi. menurut saya energi fossil dalam dunia ini masih sngat melimpah namun apakah yang menyebabkan langka yaitu adanya kekuasaan yang mengatur jalur distribusi energi fossil. sperti kita tahu negara barat (AS & UK) yang jelas menginvasi negeri timur tengah mereka hanya mengincar minyak negara tersebut.perang dijadikan argumen pembelaan. tidak jauh2 di Indonesia sendiri energi fossil hanyalah sarapan yang empuk bagi Investor asing Pertamina tak bisa banyak berbuat. pemerintah jelas mendukung explorasi asing terhadap energi fossil. sampai kapan kah negeri ini tertipu.. negeri yang akan kaya sumber daya alam harus merasa kekurangan padahal jika kita kaji cadangan energi indonesia masih sangat besar namun karena ada monopoli dari pihak asing jadilah seperti ini. serba kekurangan seolah-olah energi kita akan segera habis.mungkin itu komentar dari saya.. :)

    BalasHapus
  32. tema yang menarik mbak,
    kunjungan balik, semoga kita beruntung ya :)



    " majulah pertambangan, demi pembangunan "
    http://bit.ly/Energi4

    BalasHapus
  33. Hai, thanks for sharing your knowledge. Jadi sebenernya yang mau dijadikan satu usulan pengolahan energi menurut mba Ami apa ya? karena menurut saya sebenarnya memang banyak sekali renewable energy yang bisa diolah tetapi kita juga harus mengerti energi mana yang mau diolah terlebih dahulu sesuai dengan kemampuan kita agar terdapat prioritas yang dapat diturunkan menjadi sebuah aksi nyata.

    main-main ke artikel aku juga ya :) http://bit.ly/Energi28

    BalasHapus
  34. @Riky Abimanyu
    waah iya kawan, lagi-lagi permainan politik..
    kita harus bisa menjadi generasi yang tidak mudah dibodohi... Harus!!
    syukron yaa^^

    @Aris Rinaldi
    terimakasih mas,
    iyaa aamiin :)

    BalasHapus
  35. @Amanda Gracia
    u're welcome manda :)
    sebenarnya ingin semuanya, harus! karena setiap jenis potensi energi memiliki prioritas yang berbeda, dengan kebutuhan dan keadaan yang berbeda pula, jika kita mampu secara bersamaan untuk memanfaatkannya, kenapa tidak? namun lagi2 terkendala biaya dan investor, sebagai orang yg masih belajar mengenai itu, tetap berusaha untuk bisa menjadi bagian dari solusi masalah yang ada, walaupun masih berupa ide ataupun pemikiran. semoga kedepannya bisa menjadi nyata. harus!

    terimakasih yaa atas kunjungannya.. :D

    siiiap segera berkunjung ^^

    BalasHapus
  36. nice article :*

    "Sumber daya energi adalah segala sesuatu yang berguna dalam
    membangun nilai didalam kondisi dimana kita menemukannya. Untuk itu sumber
    daya energi adalah aset untuk pemenuhan kepuasan dan utilitas manusia."

    BalasHapus
  37. @Fitri Fujiyani
    alhamdulillah..nuhun fitrikuu :*
    Aset yang harus dimanfaatkan den dikembangkan untuk sebaik-baik kemakmuran rakyat
    :)

    BalasHapus
  38. @Miftahuddin Zuhdi
    alhamdulillah kang Mif..
    mudah2n bermnfaat. aamiin :D

    BalasHapus
  39. apapun energinya tetap harus dihemat dan diolah dengan sebaik mungkin agar bumi tetap seimbang :D

    BalasHapus
  40. @Anonim
    Yups, benar sekali kawan.. apapun energinya ya harus dimanfaatkan dg bijak, agar bumipun tersenyum melihat kita karena kebaikan yg kita lakukan... :)
    trima kasih yaa

    BalasHapus
  41. Alhamdulillah kita diberi otak yang terus berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Zaman dahulu kotoran sapi yg dianggap hina oleh kaum bangsawan, bisa jadi berharga bagi kaum terdidik saat ini.
    Perlu ada sosialisasi, tidak hanya di dunia maya, tapi juga menyebar ke seluruh pelosok Indonesia, agar kemajuan teknologi dapat merata. Sehingga persoalan energi alternatif tidak hanya menjadi wacana, tidak hanya berkembang di satu titik daerah, tapi terimplementasi dan tersebar ke seluruh Indonesia...

    Jazakillah ukhti atas pengingatnya... Semangat menebar ilmu... ^^

    BalasHapus
  42. @ajengritanita
    Alhamdulillah ukhty..
    betul sekali, yuuk kita bersama2 berusaha untuk bisa merealisasikannya ya.. aamiin allohumma aamiin..
    waiyyaki ukhty,
    semangat menebar ilmu ^^

    BalasHapus
  43. SUPER sekali.
    tulisannya bermanfaat bgt teh,, betul bgt, qta hrs bersama-sama mnjaga bumi qta tercinta ini dgn sbaik-baiknya.
    bkin tulisan2 lain yg lebih super lg y teh :)

    BalasHapus
  44. teh nice article mumtaz masha Allah. Tapi klo boleh ngasih sedikit komen. Alangkah lebih bijaknya lagi klo anak energi Polban khususnya bisa menjadi pelopor kesadaran pemanfaatan energi secara lebih bijak. Contohnya dalam tataran praktikal, cik atuh anu ngekost di ciwaruga atau di sarijadi sekitaran polban yang masih dalam area walking distance dan punya kendaraan roda dua atau empat. Mungkin ada baiknya sesekali jalan kaki ke kampus tidak usah tiap hari mungkin seminggu 2 atau tiga kali. dan masih banyak contoh lainnya.

    Ini ada artikel dari viva.co.id sebagai sebuah unconvenient reality.

    http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/369537-pertumbuhan-konsumsi-energi-ri-tertinggi-di-dunia

    Shukron Jazil

    BalasHapus
  45. @Fitri Ani
    betul,
    Jazakillah ukhty sudah berkenan membaca, semoga bermnfaat..
    siiip.. insyaAlloh, mohon do'anya yaa :)

    BalasHapus
  46. @Abdul Wahid
    Alhamdulillah, Syukron jazakallah..
    betul sekali kang, sepertinya memang sebagian sudah ada yg mencoba hal tersebut. namun harus lebih disosialisasikan lagi yaa, nanti mungkin d Grup juga coba d share, terutama untuk yang masih di kampus. praktikal yang sangat penting sebagai aplikasi dari ilmu yang telah didapat.

    *nah afwan, alhamdulillah, baru slesai kmrn. jdi sya sudah jarang ke kampus juga.

    syukron jzkllh kang telah berkunjung k blog ini,
    mudah2n bermanfaat..

    BalasHapus
  47. Tulisan yang bagus mi.
    Kita patut bersyukur ternyata Indonesia menyajikan sumber daya energi yang begitu beragam dan masyarakat Indonesia pun banyak yang menyadari sehingga pengembangan energi terbarukan terus dilakukan.
    Semoga dengan artikel yang salmi buat ini dapat membuka wawasan dan menyebarkan semangat terbarukan bagi seluruh rakyat Indonesia. :D
    aamiin

    BalasHapus
  48. @Arif Santya
    Alhamdulillah..
    betul sekali a, mensyukuri setiap detik nikmatnya, setiap karunianya, salah satunya potensi energi yang luar biasa ini..
    aamiin..
    SEMANGAT TERBARUKAN!! :)

    BalasHapus
  49. Hidup hanya sekali, jangan sampai tak berarti !

    BalasHapus
  50. kerennn...
    Indonesia kaya akan SDA...
    agar semua bisa tereksplore dengan baik..tentunya harus memiliki SDM yang berkualitas,,serta kebijakan mengenai energi yang dibuat oleh pemerintah haruslah betul2 memperhatikan fungsi eksplorasi serta keberpihakan pada rakyat..
    karna "energi dan kekayaan alam dipelihara oleh negara"..bukan oleh asing yang saat ini masih terjadi di Indonesia..upz!..^^..
    salam hangat..semoga tulisannya full barokah penuh manfaat...
    #inspiratif..

    BalasHapus
  51. Tulisan yang menarik tidak berbelit2 dan sangat enak dibaca sehingga mudah dipahami oleh siapa pun,dengan membaca tulisan ini mudah2an para pembaca semua sadar betapa pentingnya potensi kekayaan alam yang Indonesia miliki, kita sebagai generasi penerus bangsa harus mampu membuat potensi ini bermanfaat dan lebih bermanfaat lagi tanpa merusakny karena energi merupakan salah satu kebutuhan penting bagi kehidupan manusia. Berbagai hal mulai dari transportasi, penerangan dan lainnya senantiasa
    membutuhkan energi. maka dari itu mari kita lestarikan dan kembangkan potensi energi yang dapat melindungi bumi tanpa harus hanya menghabiskan yg sudah ditemukan dari jaman sebelum kita, mari berjuang! utk kelangsungan hidup kita saat ini, esok, dan seterusnya...

    BalasHapus
  52. nice artikel mi :)
    smoga energi alternatif ini segera bisa diwujudkan dan bisa diproduksi secara besar2an sehingga sedikit demi sedikit mengurangi ketergantungan kita terhadp energi fosil

    BalasHapus
  53. bagus teteh..
    lanjut berkarya :-)

    BalasHapus
  54. @IdArba
    Jadikan hidup lebih hidup dan bermakna..! :)

    @Rani Ratnasari
    betul sekali teh, SDA yang banyak perlu diseimbangkan dg SDM yg berkualitas dan bijak agar didapatkan manfaat untuk sebaik-baik kemakmuran rakyat *bukan dikuasai dan dijajah asing
    Barakallah.. aamiin :)

    BalasHapus
  55. @rain and coffee
    iya, kita jangan ketergantungan terhadap energi fosil, hrus terus memgembangkan dan memanfaatkan energi alternatif utk kini dan nanti :)

    @dinAplus
    alhmdulillah..
    Semangaat!! :)

    BalasHapus
  56. teteeeeeeeh, keren (y)

    big big lika :D
    telat ya, hehe

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. tulisannya bagus teteh :)
    bangga dengan kekayaan yang indonesia punya dari hulu hingga hilir kita kaya :), namun disisi lain kekayaan alam indonesia yang sangat besar itu masi kurang diolah padahal potensi yang kita miliki sangat besar terutama disektor batubara dan natural gas liquidnya ,, semoga lebih banyak lagi SDM yang indonesia punya hingga kekayaan yang ada bisa kita nikmati oleh kita "indonesia" sehingga sejahtera rakyatnya :)

    BalasHapus
  59. @irma rahmawati
    alhamdulillah..
    siiiplah ukhti, Hamasah! :)

    BalasHapus
  60. @Silvi Wildia Hariadi
    Alhamdulillah.. :)
    betul banget Vi,, iya, kekayaan alam dan Energi Indonesia untuk sebaik-baik kemakmuran Rakyat Indonesia.. aamiin

    BalasHapus
  61. Sebuah karya tulis yang singkat dan sederhana, namun mampu memberikan informasi yang dapat dimengerti semua kalangan

    eksplorasi dan pemanfaatan setiap energi yang di dapat dari perut bumi ini adalah kebutuhan primer yang mungkin tak akan pernah tergantikan

    begitu fenomenal nya bahan bakar fosil ini, begitu berharganya bumi ini yang menghasilkannya. sehingga mampu menghidupkan makhluk yang tinggal di atas tanahnya untuk berabad2 lamanya

    namun, sudah sewajarnya kita membalas semua budi bumi ini, dengan membantu memulihkannya.
    penghijauan dan penggunaan ENERGI ALTERNATIF adalah salah satunya.

    BalasHapus
  62. wah, subhanalloh...
    makasih ya ud share.bermanfaat banget

    BalasHapus
  63. @anonim
    membalas semua budi yang diberikan bumi dg membantu memulihkannya dan tidak merusaknya..
    penghijauan dan Energi alternatif!
    save our earth for better life..
    terimakasih :)

    BalasHapus
  64. @arni
    alhamdulillah,..
    makasih ya ren :)

    BalasHapus

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =)) :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) /:) O:-) :-B =; I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8- 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) :-c :-h 8-7 X_X :!! :-q :-bd ^#(^ :ar!

Silakan Komentar :)
Pilih Emoticonmu :D
Berkomentarlah dengan bijak ^^